Persatuan Pelestari  Olahraga Tradisional Indonesia Kota Bekasi Dilantik

  • Share

PELANTIKAN pengurus Portina (Persatuan Pelestari  Olahraga Tradisional Indonesia) Kota Bekasi yang dilakukan Portina Jawa Barat berlangsung di Kota Bekasi, Jumat (24/2/2023). Organisasi terbaru ini diketuai Santi Damayanti.

“Dalam sejarah Indonesia, pasca kemerdekaan, olahraga telah mempersatukan bangsa ini. Salah satunya melalui olahraga, yaitu melalui diselenggarakannya PON tahun 1948 yang bertujuan memelihara, mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Melekat di hati dan pikiran saya, sambutan Pak Plt Walikota Bekasi dalam musorkot Kota Bekasi, dua hari yang lalu. Olahraga adalah pride, kebangaan, putra putri daerah berlomba lomba menjadi yang terbaik melalui olahraga, apun olahraganya,“ ujar Santi.

Dikatakannya, sejak digulirkannya UU No 3 Tahun 2005, tentang Sistem Keolahragaan Nasional, perhatian pemerintah untuk memunculkan dan melestarikan olahraga tradisional semakin terlihat, khususnya
di event-event resmi dari tingkat kota sampai tingkat nasional. Kini, pecinta budaya dan pelaku olahragaa atau permainan tradisional sudah bisa berprestasi.

“Olahraga Tradisional adalah unsur penting dalam cikal bakal nasionalisme bangsa karena olahraga tradisional dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia, perbedaan usia, perbedaan jenis kelamin, perbedaan latar belakang ekonomi, perbedaan latar pendidikan dan lainnya. Segala perbedaan yang ada dapat ditepis melalui olahraga tradisional. Karena olahraga tradisioanl tidak mempunyai batasan usia,” lanjut Santi.

Dia pun mngakui bahwa Portina Kota Bekasi bertekad mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa melalui olahraga tradisional, melestarikan budaya Indonesia, membina dan kembangkan kearifan budaya lokal.

“Namun kami tidak bisa sendiri. Saya sebagai Ketua Umum Portina Kota Bekasi, mengajak masyarakat kota Bekasi bersama-sama melestarikan dan mengembangkan olahraga tradisional, dan bersama membela Kota Bekasi membela Jawa Barat dalam berbagai event olahraga tradisional dari tingkat kota sampai tingkat nasional, bahkan tingkat internasional,” tegasnya sembari menambahkan Portina di Indonesia baru terbentuk pada 2020 dan sudah ada di seluruh provinsi. (Alf)

Total Views: 196 ,
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *