Al Kaffah Bekasi, Sekolah Islam yang Menyediakan Pendidikan Inklusi Terbaik Bagi Putra dan Putri Bunda

  • Share

 

MEMASUKI tahun 2022, PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) mulai dibuka. Saatnya kembali bersekolah, belajar bersama guru dan teman-teman dengan sukacita. Banyak orang tua yang mulai mencarikan sekolah terbaik bagi putra dan putri mereka tapi bingung di mana, khususnya domisili Bekasi. Beragam sekolah hadir untuk membantu menjawab kebingungan tersebut.


Al Kaffah Bekasi salah satunya. Sekolah berbasis pendidikan Islam ini sudah berdiri sejak 2001. Lokasinya di Jl. Perum Harapan Indah Blok AA No. 8-9 Pejuang, Medan Satria, Bekasi. Al Kaffah sendiri menyediakan berbagai jenjang, mulai dari KB, TK, hingga SD. Adapun keunggulan dari Al Kaffah, sekolah ini merupakan sekolah inklusi yang memberikan fasilitas bagi anak berkebutuhan khusus untuk dapat belajar bersama-sama dengan anak-anak pada umumnya. Dengan tenaga pendidik yang berdedikasi, terdiri dari guru TK, guru SD, guru pendamping khusus, dan guru bidang studi, Al Kaffah siap membimbing anak-anak.
“Kami siap memberikan pendidikan yang inklusif dan setara bagi anak-anak,” ujar Kepala Sekolah Al Kaffah ketika ditemui pada Senin (31/1/2022) pagi.

Al Kaffah mendirikan berbagai jenjang secara bertahap hingga sekolah yang dikenal sekarang. Tahap ini dibentuk untuk anak-anak yang berusia 2 hingga 6 tahun pada saat awal masuk sekolah. KeloMpok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) aktif sejak tahun 2001, baru di tahun 2003 diselenggarakan Sekolah Dasar (SD).
Bicara soal pendidikan inklusi, apa sih istilah ini? Pendidikan tersebut, mengintegrasikan siswa berkebutuhan khusus ke dalam kegiatan belajar mengajar siswa reguler. Metode pembelajaran, kurikulum, sarana prasarana serta sistem penilaian di sekolah inklusi akan disesuaikan dengan kebutuhan anak. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, anak berkebutuhan khusus akan didampingi oleh guru pendamping. Di Al Kaffah mereka dibantu untuk berkembang,
Total murid yang bersekolah di sini cukup banyak, yakni berjumlah 67 siswa. Bukan jumlah yang kecil untuk sebuah lembaga pendidikan dengan kualitas terbaik dan terpercaya bagi para orang tua. SD Al Kaffah juga ditetapkan menjadi pelaksana Program Sekolah Penggerak, yakni sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang diawali dengan SDM unggul.

Menjadi sebuah kebanggaan tentunya untuk Al Kaffah Bekasi ditetapkan sebagai Sekolah Penggerak dan merupakan awalan baik ke depannya bisa menjadi katalis perubahan bagi sekolah lain.
Profil Pelajar Pancasila menegaskan bahwa: “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila”. Poin penting dalam Pelajar Pancasila sendiri adalah sebagai berikut:
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan mandiri serta bernalar kritis, kreatif, bergotong royong, berkebinekaan global.
Ditetapkannya SD Al Kaffah sebagai Sekolah Penggerak juga sejalan dengan visi sekolah ini, yakni: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain”. Sebuah sekolah tentu akan menggunakan sebuah kurikulum untuk menjalankan pendidikannya. Al Kaffah sendiri menerapkan kurikulum khas yang mengkombinasikan segi-segi terbaik dari kurikulum nasional dan internasional. Ke depan juga akan diterapkan Kurikulum Prototype dengan pendampingan oleh Pendamping Implementasi Pembelajaran yang ditunjuk oleh Kemdikbud,
Al Kaffah Bekasi memiliki beberapa keunggulan, di antaranya Terakreditasi A (Unggul). Media pembelajaran yang digunakan sesuai untuk menunjang perkembangan peserta didik.
Mendidik pembelajaran kontekstual, untuk life dan soft skill. Memiliki ruang sensory, yang digunakan untuk membantu pengoptimalan perkembangan motorik anak berkebutuhan khusus. Menjadikan lingkungan alam sebagai bagian dari fasilitas belajar. Orientasi pendidikan agama mengacu kepada peningkatan kualitas budi pekerti (akhlak).
Mengajak peserta didik untuk menjadi SDM yang mau dan terus belajar. Dan keunggulan lainnya yang bisa didapatkan di Al Kaffah Bekasi.
Para orang tua diharapkan tidak ragu untuk memilih Al Kaffah sebagai sekolah dan rumah kedua bagi putra-putri Anda. Di sekolah ini banyak kegiatan bermanfaat yang dapat mengembangkan kemampuan life dan soft skill mereka. Mulai dari: Shalat berjamaah, Muroja’ah Al Quran, hadits, dan doa harian, penumbuhan karakter, Gerakan Literasi Sekolah, Pramuka, dll. Ekstrakurikuler yang ditawarkan juga beragam, seperti Panahan, menari, musik, LDAI, BTQ, futsal.
Para orang tua bisa langsung datangi gedungnya di Jl. Perum Harapan Indah Blok AA No. 8-9 Pejuang, Medan Satria, Bekasi. Untuk info lengkapnya bisa hubungi langsung nomor telepon 021-88865496, WA 0821-2365-0600 atau kunjungi instagramnya di @alkaffah.lazuardi.
“Harapannya, Al Kaffah bisa terus memberikan pelayanan terbaik dan menjadi amal ibadah untuk kita semua dalam pendidikan,” tutup Imam. (Damar)

Total Views: 76 ,
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *