Rumah Pelangi Berawal dari Minimnya Akses Buku Bacaan & Ruang Belajar

  • Share

BERAWAL dari minimnya akses buku bacaan dan ruang belajar untuk umum, serta ketimpangan sosial pendidikan yang terjadi di Bekasi, maka pada 16 Agustus 2016 diinisiasi Muhaidin Darma didirikan Rumah Pelangi. Menempati tanah wakaf dan bangunan bekas Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Annasimiyah dimana sejak tahun 90-an sudah tidak digunakan lagi. Lokasi tersebut sebelumya pernah dijadikan TPQ, tempat budidaya jamur dan lain-lain hingga akhirnya dijadikan Taman Bacaan Masyarakat.

Sejak 2016 hingga 2020 Rumah Pelangi diketuai Tria Haris Ramadani dan dilanjutkan Aditia sampai sekarang.
Rumah Pelangi sendiri memiliki makna yaitu Rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman dan Pelangi adalah perpaduan warna yang berbeda-beda yang mengartikan relawan dan siapapun yang ikut bergabung didalamnya yang memiliki latar belakang yang berbeda, entah suku, ras, dan agama serta pendidikan, warna kulit. Bahkan mereka yang memiliki visi yang sama. Meski berbeda namun perbedaan itu terlihat indah layaknya pelangi.


Rumah Pelangi adalah wadah untuk saling berbagi pengalaman, bertukar cerita dan saling menginspirasi bagi setiap orang didalamnya.
Sebagai learning center bagi masyarakat sekitar, Rumah Pelangi hadir sebagai perpustakaan umum. walau saat ini buku bacaannya masih terbatas namun dapat diakses setiap hari bagi masyarakat.
Selain itu ada berbagai kegiatan, baik untuk anak-anak maupun kalangan dewasa.
Rumah Pelangi juga bekerja sama dengan entitas kampus atau perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Darma, diantaranya memfasilitasi para mahasiswa baik negeri maupun swasta untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), seminar, ataupun penelitian.
Selain konsen di pendidikan, Rumah Pelangi juga terlibat dalam aksi sosial kemanusiaan, lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat yang bekerja sama dengan komunitas-komunitas serta instansi pemerintahan dalam menangani isu-isu yang terjadi.
Sebagai taman bacaan masyarakat, kegiatan Rumah Pelangi mengacu pada enam literasi dasar di setiap kegiatannya yakni Literasi Baca dan Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Finansial, Literasi Digital, serta Literasi Kebudayaan dan Kewarganegaraan. Karenanya banyak kegiatan yang melibatkan perseorangan atau komunitas yang memiliki keahlian memberikan ilmu dan pengalamannya.
Di Rumah Pelangi siapapun bisa bergabung untuk saling melengkapi dan berbagi kisah dan pengalamannya. Nah untuk kalian yang ingin bergabung, silakan kunjungi Rumah Pelangi yang beralamat di Kampung Babakan Kali Bedah RT001/011 Desa Sukamekar Kecamata Sukawangi Kabupaten Bekasi. Jadwal Senin-Jumat (khusus pelayanan perpustakaan/peminjaman buku) sedangkan Sabtu-Minggu kelas bagi anak-anak dan kegiatan lainnya yang bisa dilihat di Media Sosial Rumah Pelangi Bekasi.(Instagram, Fanspage @Rumahpelangibekasi atau informasi melalui WhatsApp di 081511136462). (Tiara)

Total Views: 134 ,
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *